Detail Proyek

[Kedaireka Project] Pengembangan Desa Wisata

Project By : Permata Nur MR

Deskripsi Project :

Pandemi COVID-19 berdampak pada penurunan bisnis pariwisata yang merupakan sektor signifikan bagi perekonomian Indonesia. Selama pandemic COVID-19 terjadi pertumbuhan wisata alternatif yang mendorong perlunya penguatan  ekosistem desa wisata dan pembentukan strategi taktis untuk pengembangan potensi pariwisata Indonesia yang berkelanjutan di masa mendatang.

Untuk itu, Prodi Digital Business Technology (DBT) Universitas Prasetiya Mulya bersama Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menjalankan program penelitian untuk merespons perubahan pariwisata. Kerja sama ini diharapkan dapat mengakselerasi pencapaian program Kemenparekraf untuk target desa wisata mandiri tahun 2024 serta menciptakan ekosistem merdeka belajar-kampus merdeka di UPM yang melibatkan langsung dosen dan mahasiswa.

Program dirancang dengan mengadopsi 5 tahapan metode design thinking (Empathizing, Defining,Ideating, Prototyping, Testing), dan akan dilaksanakan dalam 3 fase: Fase I (tahap eksplorasi), Fase II (tahap pengembangan), dan Fase III (tahap Implementasi). Sebagian aktivitas Fase I sedang dilaksanakan oleh UPM dan hasilnya akan dielaborasi dengan kegiatan dalam proposal ini.

Tahapan pengembangan dan implementasi di fase II dan III akan menargetkan para pemangku kepentingan dan desa yang menjadi sasaran program desa wisata Kemenparekraf. Penelitian ini akan melengkapi penelitian terkait sampah makanan yang dibiayai oleh The European Union yang dimenangkan oleh tim peneliti. Penelitian ini akan mendukung pengambil kebijakan khususnya Kemenparekraf dan mendorong hilirisasi penelitian terkait desa wisata yang akan menguatkan pendirian pusat penelitian UPM di bidang smart tourism. Kegiatan kerja sama ini akan menghasilkan beberapa keluaran utama, yaitu: (1) Indikator Kematangan Desa Wisata dan kurikulum pendampingan Desa Wisata (2) Pelatihan desa wisata berdasarkan kurikulum, (3) Portal (Massive Open Online Courses) MOOC sebagai akses terbuka untuk materi kurikulum dan keluaran bagi masyarakat luas, (4) Pusat riset di bidang digital smart tourism, (5) Publikasi ilmiah dan Jurnal internasional, dan (6) Laporan Penelitian.

Program ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para pemangku kepentingan pengembangan desa wisata, termasuk  Kemenparekraf, Pendamping desa wisata, Asosiasi Desa Wisata, mahasiswa, dan dosen

Silahkan bagi mahasiswa yang ingin bergabung bisa mendaftar di lowongan berikut. 

Lowongan yang Tersedia :
Penyusunan Indikator Kematangan Desa Wisata

  • Close Date Oct. 31, 2021

Penyusunan Kurikulum Pendampingan

  • Close Date Oct. 31, 2021

Penilaian Desa Wisata

  • Close Date Oct. 31, 2021

Backend & Frontend MOOCS

  • Close Date Oct. 31, 2021

Pengembangan Desain UI/UX Portal MOOCS

  • Close Date Oct. 31, 2021

Pengembangan Konten Pembelajaran

  • Close Date Oct. 31, 2021

Pelatihan Pendamping desa Wisata

  • Close Date Oct. 31, 2021

EO Seminar Nasional

  • Close Date Oct. 31, 2021

: Universitas Prasetiya Mulya

: permata.nmr@pmbs.ac.id

Details Project