Detail Proyek

Ofo (Online Food Order)

Project By : Nadya Sihotang

Deskripsi Project :

Mau tidak mau, era new normal akan berjalan beriringan dengan kehidupan manusia untuk kedepan nya. Larangan seperti menjauhi kerumunan, dan social distancing, muncuci tangan akan menjadi hal yang akrab dengan kita. Dalam project ini kami mengambil sampel dunia perkuliahan. Dalam dunia perkuliahan, tentunya setiap pihak pendukung akan dihadapkan dengan banyak nya kegiatan baik itu mahasiswa, tenaga pengajar, tenaga admministrasi, pegawai dan sebagai nya. Jadwal perkuliahan yang tergolong padat tentunya akan menjadi hal yang perlu dipertimbangkan oleh mahasiswa. Tak jarang selang waktu antara jam pelajaran satu ke jam pelajaran lain nya sedikit. Hal inilah yang kemudian menimbulkan masalah yang cukup serius. Dimana pada jam jam tertentu akan terjadi lonjakan pengunjung pada kantin yang tersedia di area kampus. Lonjakan ini tentunya akan menimbulkan kerumunan serta waktu untuk mengantri yang cukup lama. Tidak jarang mahasiswa yang tidak memiliki waktu yang cukup untuk mengantri, memilih untuk tidak mengisi tenaga mereka guna menghindari keterlambatan untuk jam perkuliahan selanjutnya. Masalah ini sendiri bahkan telah muncul jauh sebelum pandemi datang. Tentunya permasalahan yang sudah ada ini akan menjadi perhatian khusus juga ketika kegiatan dalam era new normal akan dilaksanakan. 

Melihat masalah tersebut kami dari kelompok 2 memberikan sebuah solusi dengan menciptakan sebuah aplikasi yang bernama OFO (Online Food Order). Seperti nama nya sendiri, aplikasi berbasis android ini adalah sebuah aplikasi yang memampukan setiap pengguna nya untuk memesan makanan secara online. Jadi untuk menghindari antrian yang panjang, mahasiwa dapat memesan terlebih dahulu makanan nya kemudian menjemput nya di kantin yang dimaksud. Melalui aplikasi ini, mahasiswa juga dimampukan untuk mengatur perkiraan waktu untuk menjemput makanan yang ingin dimaksud. Hal ini tentunya akan membantu mahasiswa untuk menyesuaikan jadwal nya. Untuk pembayaran nya sendiri, terdapat dua pilihan, yaitu melakukan pembayaran melalui transaksi online yang telah disediakan ataupun pembayaran secara offline ketika hendak menjemput makanan yang dipesan.  Ketika melakukan pemesanan dan menentukan metode pembayaran, user akan diberikan sebuar QR Code. Dimana nanti nya QR Code ini digunakan ketika mereka ingin mengambil makanan yang akan mereka pesan. Jadi ketika merka menjemput pesanan mereka, mereka harus menunjukkan QR Code yang membuktikan bahwa  mereka merupakan pemilik dari pesanan ini. 

Melalui pemaparan yang telah kami sampaikan, kami menganggap bahwa aplikasi yang telah kami bangun adalah solusi yang sangat tepat untuk mengatasi masalah pada era new normal dan juga akan mengatasi masalah yang telah muncul jauh sebelum pandemi ada. 

Anggota tim OFO

1. Pembuatan Design Figma

     a) Partogi Simatupang (Digital Business Technology 2020)

     b) Muhammad Afdhal (Digital Business Technology 2020)

2. Implementasi Coding

     a) Gaizka Valencia (Digital Business Technology 2019)

     b) Nadya Febryanty Lusiana Sihotang (Digital Business Technology 2019)

Untuk file pendukung nya dapat diakses dengan link berikut

1. Tautan Design Figma 

2. Tautan GitHub implementasi coding

3. Tautan vidio presentasi

 

Lowongan Tidak Tersedia

: Universitas Prasetiya Mulya

: nadya.sihotang@student.pmsbe.ac.id

Details Project