Detail Proyek

Sistem Pompa Air Berbasis Tenaga Surya

Project By : Adinda Ihsani Putri

Deskripsi Project :

Teknologi irigasi memiliki peran vital dalam produksi pertanian. Pemanfaatan teknologi pompa air untuk menaikan air dapat menjamin irigasi sepanjang tahun, bahkan pada musim kemarau. Namun tidak semua tempat pertanian dapat menggunakan pompa air untuk irigasi dikarenakan tidak adanya pasokan energi listrik atau kurangnya keandalan pasokan energi listrik terutama jika lokasi pertanian berada di daerah terpencil. Dalam peneltian ini akan dirancang sistem pompa air berbasis tenaga surya untuk irigasi sawah seluas 4000m2 di daerah Banjaran, Kabupaten Bandung. Diharapkan dengan memanfaatkan tenaga surya, sistem ini tidak hanya menyelesaikan permasalahan pasokan listrik untuk irigasi, tetapi juga turut serta dalam menjaga keberlanjutan lingkungan dengan emisi nol.

Penelitian ini akan melibatkan beberapa elemen, di antaranya adalah mahasiswa dan akademisi dari Universitas Prasetiya Mulya (UPM), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Sangga Buana (USB) dan pemilik sawah. Melalui kerjasama ini diharapkan terjadi transfer pengetahuan dari dan ke pemilik sawah, tim UPM, tim ITB dan tim USB. Selain itu, diharapkan proyek ini dapat memotivasi penggiat pertanian lainnya untuk memanfaatkan tenaga surya untuk irigasi sawah dan implementasi lainnya di pertanian yang membutuhkan pasokan energi listrik.

Penelitian ini dimulai dengan survey untuk menentukan kebutuhan dan spesifikasi sistem yang akan dirancang. Setelah itu, sistem akan didesain dan dan dianalisis melalui simulasi di software. Kemudian Prototipe akan dirancang dan diuji dalam skala lab. Setelah itu, sistem siap diuji langsung di lapangan. Hasil perancangan ini akan ditulis menjadi sebuah paper yang akan disubmit pada konferensi internasional.

Lowongan yang Tersedia :
Solar PV Designer

  • Close Date Oct. 22, 2021

PIC of Water Pump

  • Close Date Oct. 22, 2021

PV Controller Designer

  • Close Date Oct. 22, 2021

Project Administrator

  • Close Date Oct. 22, 2021

: Prasetiya Mulya

: adinda.putri@pmbs.ac.id